Contoh RPL Bimbingan dan Konseling
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(BENTUK KLASIKAL)
1. Identitas
a. Satuan
Pendidikan :
SMK
b. Tahun
Ajaran :
2017-2018
c. Kelas
:
XII
d. Pelaksanaan
dan pihak terkait : Guru BK dan
Peserta didik
2. Waktu
a. Tanggal
:
23 Juni 2017
b. Jam
Pelayanan :
1 x Pertemuan
c. Volume
Waktu :
1 x 45 menit
d. Tempat
:
Ruang Kelas
3. Bidang
Bimbingan dan Konseling :
Sosial
4. Materi
Pelayanan
a. Tema
:
Cara Menjaga Lingkungan Yang Baik
b. Sumber
Materi Pelayanan :
Cangara, Hafied. 2012.Jagalah Lingkungan.
Jakarta; PT. Grafindo
Persada.
5. Tujuan
Layanan
·
Mengerti tentang cara menjaga lingkungan yang
baik
·
Memahami tentang cara menjaga lingkungan yang
baik
·
Mengerti tentang pentingnya menjaga lingkungan yang
baik
6. Fungsi
Layanan :
Pemahaman, Pengembangan&Pemeliharan
7. Metode
dan Teknik
a. Jenis
Layanan :
Informasi
b. Kegiatan
Pendukung : -
c. Metode
pembelajaran : Resitasi
8. Sarana
a. Media
:
PowerPoint, Video, Laptop, Proyektor
b. Instrumen
:
-
c. Sumber
:
-
9. Sasaran
Penilaian :
Pemahaman dan gambaran bagi peserta didik
10. Langkah
kegiatan
Tahap
|
Kegiatan
|
Nilai
yang ditanamkan
|
Pendahuluan (10 Menit)
|
1. Memberikan salam dan mengabsen kehadiran siswa
2. Membina hubungan baik dengan siswa
3. Menyampaikan maksud dan tujuan
kegiatan layanan ini dilakukan
4. Melakukan apersepsi
5. Membagikan
materi yang akan disampaikan
|
Perhatian
Kesediaan diri
Santun
Disiplin
Motivasi
|
Inti (30
Menit)
|
a. Berpikir
|
|
1.Mengajak mengamati gambar dalam tayangan video tentang peduli lingkungan yang baik
2.Berfikir dan mengungkapkan pemahaman tentang tayangan video tentang cara menjaga
lingkungan yang baik
|
Team
work
Perhatian
Antusias
Tanggung Jawab
Kritis
|
|
b. Merasa
|
|
|
1. Mengajak siswa agar
memahami materi secara mendalam
2. mengajak siswa
untuk Ikut merasakan pentingnya peduli lingkungan
|
Kreatif
Berfikir logis
Bijaksana
Mawas diri
Tanggung
Jawab
|
|
c.Bersikap
|
|
|
1. Memberitahukan kepada
siswa bahwa setelah berdiskusi akan ada sesi tanya jawab menggunakan metode
resitasi
2. Menjelaskan teknis metode
resitasi kepada siswa
3. Menyiapkan tugas untuk diberikan kepada siswa
|
Perhatian
Kreatif
Bertanggung
Jawab
|
|
d.Bertindak
|
|
|
1.Meminta kepada siswa untuk menutup lembar materi yang telah diberikan
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkritisi dan menilai dampak
siswa yang tidak menjaga lingkungan dengan baik dengan baik
3. Melarang anggota kelompok yang lain dalam membantu menjawab tugas
yang diberikan
4. Mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak menjaga lingkungan
dengan baik
|
Berfikir cepat
Melatih daya ingat
Kreatif
Percaya diri
Antusias
Rilex
|
|
e.Bertanggung Jawab
|
|
|
1. Memberikan arahan jawaban yang benar kepada siswa tentang menjaga lingkungan yang baik
2. Mengajak siswa untuk dapat mengambil manfaat dan
mempertanggungjawabkan pembelajaran yang didapat hari ini
3. Mengajak siswa untuk menggunakan
informasi yang didapat untuk dirinya sendiri dan orang lain disekitarnya
|
Mawas
diri
Bertanggung jawab
Memiliki kejelasan karir
Berbagi
|
|
Penutup
(10 Menit)
|
1. Menyimpulkan intisari materi tentang berbicara dengan baik dimasa
yang akan datang
2. Meminta siswa untuk melakukan BMB3
3. Merencanakan kegiatan dalam pertemuan berikutnya
4. Memberikan salam
|
Perhatian
Kesedian diri
Merefleksi diri
Santun
Disiplin
Bertanggung
Jawab
|
11. Rencana
Penilaian
a. Penilaian
Proses : Menilai kesungguhan,
keaktifan, dan keantusiasan dalam mengikuti bimbingan saat menggunakan
strategi klasikal
b. Penilaian
hasil
·
Laiseg
:
(Acuan) peserta
didik dapat memahami tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan baik.
(Kompetensi)
peserta didik menyadari pentingnya tentang pentingnya menjaga lingkungan
yang baik.
(Usaha) peserta
didik mampu menjaga lingkungan dengan baik di kehidupan sosialnya.
(Rasa) peserta
didik mampu mengungkapkan pendapatnya mengenai tentang pentingnya menjaga
lingkungan dengan baik.
(Sungguh-sungguh)
Kesungguh – sungguhan peserta didik dalam menerapkan pola menjaga
lingkungan yang baik
·
Laijapen
:
Menilai sejauh mana siswa benar-benar konsisten dalam
melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang)
·
Laijapang
:
Pengamatan dalam waktu 1 semester, 1 tahun bahkan
sampai lulus sekolah terhadap peserta
didik agar mampu menjaga lingkungan dengan baik dan pengaruhnya di kehidupan
sosial.
12.
Catatan Khusus
Jakarta , 16 April 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
Dra. Puspita Sari , M.Pd A.
Irpan Ripai, M.Pd., Kons
Lampiran :
1.
Uraian materi
Komentar
Posting Komentar