Contoh RPL Bimbingan dan Konseling


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(BENTUK KLASIKAL)

1.       Identitas
a.       Satuan Pendidikan                                  : SMK
b.      Tahun Ajaran                                             : 2017-2018
c.       Kelas                                                             : XII
d.      Pelaksanaan dan pihak terkait            : Guru BK dan Peserta didik

2.       Waktu
a.       Tanggal                                                         : 23 Juni 2017
b.      Jam Pelayanan                                          : 1 x Pertemuan
c.       Volume Waktu                                          : 1 x 45 menit
d.      Tempat                                                        : Ruang Kelas

3.       Bidang Bimbingan dan Konseling               : Sosial

4.       Materi Pelayanan
a.       Tema                                                             : Cara Menjaga Lingkungan Yang Baik
b.      Sumber Materi Pelayanan                   : Cangara, Hafied. 2012.Jagalah Lingkungan.    
                                                                    Jakarta; PT. Grafindo Persada.

5.       Tujuan Layanan                 

·         Mengerti tentang cara menjaga lingkungan yang baik
·         Memahami tentang cara menjaga lingkungan yang baik
·         Mengerti tentang pentingnya menjaga lingkungan yang baik

6.       Fungsi Layanan                                                                 : Pemahaman, Pengembangan&Pemeliharan

7.       Metode dan Teknik
a.       Jenis Layanan                                    : Informasi
b.      Kegiatan Pendukung                      : -
c.       Metode pembelajaran                  : Resitasi

8.       Sarana
a.       Media                                                   : PowerPoint, Video, Laptop, Proyektor
b.      Instrumen                                           : -
c.       Sumber                                                : -

9.       Sasaran Penilaian                                             : Pemahaman dan gambaran bagi peserta didik

10.   Langkah kegiatan

Tahap
Kegiatan
Nilai yang ditanamkan
Pendahuluan (10 Menit)
1. Memberikan salam dan mengabsen kehadiran siswa
2. Membina hubungan baik dengan siswa
3. Menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan layanan ini dilakukan
4. Melakukan apersepsi
5. Membagikan materi yang akan disampaikan


Perhatian
Kesediaan diri
Santun
Disiplin
Motivasi

Inti (30 Menit)
a. Berpikir

1.Mengajak mengamati gambar dalam tayangan video tentang  peduli lingkungan yang baik
2.Berfikir dan mengungkapkan pemahaman tentang  tayangan video tentang cara menjaga lingkungan yang baik



Team work
Perhatian
Antusias
Tanggung Jawab
Kritis

b. Merasa

1. Mengajak siswa agar memahami materi secara mendalam
2. mengajak siswa untuk Ikut merasakan pentingnya peduli lingkungan



Kreatif
Berfikir logis
Bijaksana
Mawas diri
Tanggung Jawab
c.Bersikap

1. Memberitahukan kepada siswa bahwa setelah berdiskusi akan ada sesi tanya jawab menggunakan metode resitasi
2. Menjelaskan teknis metode resitasi kepada siswa
3. Menyiapkan tugas untuk diberikan kepada siswa



Perhatian
Kreatif
Bertanggung Jawab
d.Bertindak

1.Meminta kepada siswa untuk menutup lembar materi yang telah diberikan
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak menjaga lingkungan dengan baik dengan baik
3. Melarang anggota kelompok yang lain dalam membantu menjawab tugas yang diberikan
4. Mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak menjaga lingkungan dengan baik
Berfikir cepat
Melatih daya ingat
Kreatif
Percaya diri
Antusias
Rilex
e.Bertanggung Jawab

1. Memberikan arahan jawaban yang benar kepada siswa tentang menjaga lingkungan yang baik
2. Mengajak siswa  untuk dapat mengambil manfaat dan mempertanggungjawabkan pembelajaran yang didapat hari ini
3. Mengajak siswa untuk menggunakan informasi yang didapat untuk dirinya sendiri dan orang lain disekitarnya
Mawas diri
Bertanggung jawab
Memiliki kejelasan karir
Berbagi
Penutup
(10 Menit)
1. Menyimpulkan intisari materi tentang berbicara dengan baik dimasa yang akan datang
2. Meminta siswa untuk melakukan BMB3
3. Merencanakan kegiatan dalam pertemuan berikutnya
4. Memberikan salam
Perhatian
Kesedian diri
Merefleksi  diri
Santun
Disiplin
Bertanggung Jawab






11.   Rencana Penilaian                          
a.       Penilaian Proses           : Menilai kesungguhan, keaktifan, dan keantusiasan dalam                                                             mengikuti bimbingan saat menggunakan strategi klasikal
b.      Penilaian hasil

·         Laiseg :
(Acuan)  peserta didik dapat memahami tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan baik.

(Kompetensi)  peserta didik menyadari pentingnya tentang pentingnya menjaga lingkungan yang baik.

(Usaha)  peserta didik mampu menjaga lingkungan dengan baik di kehidupan sosialnya.

(Rasa)  peserta didik mampu mengungkapkan pendapatnya mengenai tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan baik.

(Sungguh-sungguh)  Kesungguh – sungguhan peserta didik dalam menerapkan pola menjaga lingkungan yang baik

·         Laijapen :
Menilai sejauh mana siswa benar-benar konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang)

·         Laijapang :
Pengamatan dalam waktu 1 semester, 1 tahun bahkan sampai  lulus sekolah terhadap peserta didik agar mampu menjaga lingkungan dengan baik dan pengaruhnya di kehidupan sosial. 

12.   Catatan Khusus


Jakarta , 16 April 2017

Mengetahui,
        Kepala Sekolah                                                                                                                         Guru BK


Dra. Puspita Sari , M.Pd                                                                                              A. Irpan Ripai, M.Pd., Kons

Lampiran :
1.       Uraian materi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Pengisian Angket Kesulitan Belajar Siswa SD

Contoh Angket Data Pribadi Siswa

Makalah Konseling Realitas